Pasar Beringharjo | Info Lokasi Sejarah Buka & Tutup & Kuliner

by -38 views
Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional yang terletak di pusat kota Yogyakarta, Indonesia. Dengan sejarah yang kaya dan berusia lebih dari dua abad, pasar ini telah menjadi ikon kota Yogyakarta dan merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di wilayah tersebut.

Lokasi:
Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro, salah satu jalan utama di Yogyakarta. Pasar ini terletak di seberang Gedung Agung, yang merupakan kompleks gedung yang digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan budaya dan pemerintahan. Dengan lokasinya yang strategis, pasar ini mudah diakses oleh wisatawan dan penduduk setempat.

Sejarah:
Pasar Beringharjo memiliki sejarah yang panjang dan berakar dalam tradisi dan budaya Jawa. Pasar ini didirikan pada tahun 1758 oleh Sultan Hamengkubuwono I, pendiri Kesultanan Yogyakarta. Nama “Beringharjo” berasal dari kata Jawa “bering” yang berarti pasar, dan “harjo” yang berarti tempat keramaian. Pasar ini awalnya didirikan sebagai tempat perdagangan tekstil, seperti batik dan kain tradisional lainnya.

Pasar Beringharjo telah mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan sepanjang sejarahnya. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2004 untuk memberikan suasana yang lebih modern dan nyaman bagi pengunjung. Meskipun telah mengalami perubahan, pasar ini tetap mempertahankan nuansa tradisional dan budaya Jawa yang kental.

Jam Operasional:
Pasar Beringharjo buka setiap hari, mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Namun, sebagian pedagang di pasar ini mulai membuka lapak mereka sejak pukul 7 pagi. Sebaiknya, datang pada pagi hari untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan melihat suasana pasar yang penuh aktivitas.

Jenis Produk yang Dijual:
Pasar Beringharjo terkenal dengan berbagai macam produk yang dijual di dalamnya. Anda dapat menemukan berbagai barang, mulai dari tekstil tradisional, seperti batik, kain sarung, dan tenun, hingga pernak-pernik, kerajinan tangan, aksesori, dan perhiasan. Selain itu, pasar ini juga menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, makanan ringan, dan lainnya. Anda akan menemukan banyak toko dan lapak yang menjual barang-barang unik dan menarik yang mewakili budaya Jawa.

Kuliner:
Selain berbelanja, Pasar Beringharjo juga merupakan surganya para pecinta kuliner. Di sekitar pasar, terdapat banyak warung dan kios makanan yang menjual berbagai hidangan lezat. Anda dapat menemukan makanan khas Yogyakarta seperti gudeg, nasi kucing, bakpia, dan tentu saja, sate klatak yang terkenal. Menikmati kuliner di sekitar pasar merupakan pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Beringharjo.

Jarak ke Malioboro:
Pasar Beringharjo terletak di seberang Gedung Agung di Jalan Malioboro, sehingga jaraknya sangat dekat. Jika Anda berada di pasar dan ingin menuju Malioboro, Anda hanya perlu menyeberang jalan untuk mencapai jalan paling ikonik di Yogyakarta. Dari pintu masuk pasar, Anda dapat melihat kehidupan dan kegiatan di Malioboro yang sibuk. Jarak antara Pasar dan Malioboro hanya sekitar 100 meter, sehingga sangat mudah untuk mencapai keduanya dalam waktu singkat.

Dalam kesimpulannya, Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terletak di pusat kota Yogyakarta, Indonesia. Dengan sejarah yang panjang, pasar ini telah menjadi ikon kota dan tujuan wisata yang populer. Dengan jam operasional yang dimulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis produk yang dijual, seperti tekstil tradisional, pernak-pernik, dan kebutuhan sehari-hari. Di sekitar pasar, terdapat juga banyak kuliner lezat yang bisa dinikmati. Dengan jarak yang sangat dekat ke Malioboro, Pasar ini menjadi tempat yang sempurna untuk memulai petualangan Anda di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *