Makanan Khas Jogja Selain Gudeg dan Bakpia yang Enak & Viral

by -22 views
Makanan Khas Jogja

Makanan khas jogja selain gudeg dan bakpia, yang enak, viral, manis, warna-warni, tahan tahan lama. Pusat ole-oleh tedekat dekat di Malioboro.

Jogja, atau Yogyakarta, merupakan surganya kuliner di Indonesia. Selain Gudeg dan Bakpia yang terkenal, terdapat berbagai makanan khas Jogja yang enak, viral, manis, warna-warni, dan tahan lama yang dapat menjadi pilihan Anda. Pusat oleh-oleh terdekat dengan Jalan Malioboro adalah destinasi yang populer untuk mendapatkan makanan khas Jogja. Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang patut Anda coba:

1. Angkringan Jogja: Angkringan adalah konsep jajanan kaki lima yang sangat populer di Jogja. Di sini, Anda dapat menikmati hidangan kecil dan makanan ringan yang lezat dengan harga terjangkau. Beberapa hidangan yang disajikan di angkringan antara lain nasi kucing (nasi kecil dengan lauk pauk), sate usus, mie ayam, bakso, dan gorengan. Angkringan Jogja juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai sambil menikmati teh atau kopi.

2. Es Krim Pak Darmo: Es krim Pak Darmo terkenal dengan variasi rasa dan tekstur yang lembut. Anda dapat menemukan berbagai rasa, mulai dari yang klasik seperti cokelat dan vanila, hingga rasa eksotis seperti durian dan rambutan. Es krim Pak Darmo memiliki tekstur yang lembut dan kental, menjadikannya favorit bagi pecinta es krim di Jogja. Selain itu, es krim ini dikemas dengan baik sehingga dapat bertahan lama.

3. Kipo: Kipo adalah makanan ringan manis yang terbuat dari ketan dengan isian pasta kelapa dan gula merah. Makanan ini memiliki bentuk bulat dan sering dihiasi dengan warna-warni yang menarik. Kipo enak dan manis, cocok sebagai camilan atau oleh-oleh.

4. Geplak: Geplak adalah makanan manis yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah cair. Makanan ini biasanya berwarna-warni dan dihidangkan dalam bentuk bulat kecil. Geplak memiliki rasa yang lezat dan manis, cocok sebagai makanan penutup atau oleh-oleh.

5. Wajik: Wajik adalah makanan tradisional dari ketan yang dipadatkan dengan gula merah dan santan. Makanan ini memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal. Wajik biasanya diiris tipis-tipis dan dihiasi dengan taburan kelapa parut.

6. Ledre: Ledre adalah makanan manis yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah dan santan. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang lezat. Ledre juga tahan lama dan dapat menjadi oleh-oleh yang enak dari Jogja.

7. Serabi: Serabi adalah pancake tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula kelapa. Serabi memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Biasanya, serabi disajikan dengan taburan kelapa parut atau krim kelapa.

8. Jadah Manten: Jadah Manten adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang diolah dengan santan dan gula merah. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Jadah Manten juga tahan lama dan cocok sebagai oleh-oleh khas Jogja.

9. Kue Lumpur: Kue Lumpur adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, telur, gula, dan vanila. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Kue Lumpur sering dihidangkan dalam wadah kecil dan biasanya disajikan hangat.

10. Yangko: Yangko adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan dan gula merah. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Biasanya, yangko dihiasi dengan kelapa parut dan disajikan dalam bentuk persegi kecil.

Pusat oleh-oleh yang dekat dengan Jalan Malioboro adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan makanan khas Jogja. Anda dapat menemukan berbagai toko dan penjual makanan di sepanjang jalan ini. Beberapa toko oleh-oleh yang terkenal di Malioboro antara lain Pasar Beringharjo, Malioboro Mall, dan Tugu Yogyakarta. Di tempat-tempat tersebut, Anda dapat membeli berbagai makanan khas Jogja dalam berbagai varian dan kemasan, yang cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Jadi, jika Anda mengunjungi Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai makanan khas yang enak, viral, manis, warna-warni, dan tahan lama. Anda dapat membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh terdekat dengan Jalan Malioboro untuk membawa kenangan manis dari kota ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *